10 VOKALIS TERBAIK SEPANJANG MASA

     Beberapa orang mendefenisikan musik sebagai sesuatu yang tidak berwujud,tetapi semenjak kemunculannya sedari dulu hingga detik ini justru telah melahirkan Tokoh pemusik VOKALIS ) yang kian membenarkan pendapat Aristoteles bahwa musik mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang sedang gundah,musik memiliki terapi rekretif, hingga mampu menumbuhkan jiwa patriotisme (Tergantung Tema) bagi pendengarnya. Walau tidak sedikit penikmatnya bahkan pemusik itu sendiri kadang menyalahartikan dan menyalahgunakan hingga dijadikan sarana provokasi hingga untuk saling membunuh (Nyawa) bahkan untuk bunuh diri sekalipun. Kesemuanya itu tidak merubah sekalipun bentuk keindahan musik. Nah, kali ini aku ingin menyempitkan sejumlah Vokalis yang begitu banyaknya selama ini hingga berjumlah 10 saja yang benar-benar berpengaruh sepanjang sejarah musik dengan versi aku sendiri. Kesepuluh vokalis ini memiliki perbedaan aliran dalam bermusik,masa/era dan Ras tapi memiliki satu kesamaan yaitu kepopuleran yang tak terbantahkan. Saya yakin ada Pro juga kontra…so saya tunggu saja komentar teman-teman yang sekiranya dapat menyempurnakan tulisan saya ini. Deretan nama dibawah ini disusun tidak berdasarkan peringkat…

1. AXL ROSE – ( Lahir 6 February 1962. Lafayette, Indiana Amerika Serikat ) Lead Vocals Guns N Roses band asal Los Angeles,California Amerika serikat. Musisi yang selama ini dikenal sebagai pemimpin sekaligus pendiri yang sukses mengangkat GNR kepuncak keemasan hingga mensejajarkan dengan Band lainnya. Sosoknya begitu dominan,dia yang mengatur semua alur cerita setiap GNR memulai petualangannya. Dengan sifat Otoriter,egois dan dengan emosi yang meledak-ledak,tak jarang teman-teman sebandnya kena semprot kebengisannya. Salah satu alasan kuat band GNR bubar adalah karena mereka sudah tidak tahan lagi atas perilaku Axl yang dianggap mau menang sendiri. Ada yang ngundurin diri, ada yang dipecat, dan ada juga yang cabut dikarenakan beda pendapat dengannya mengenai kemana selanjutnya arah musik GNR. Selama perjalanan musik GNR, axl juga sering kali membuat para teman-temannya menunggu hingga larut malam saat ngadain konser, lebih parahnya lagi sering ninggalin panggung ditengah-tengah konser buat penonton dibuat marah sampe rusakin panggung!!! Axl juga sering “berantem” dengan musisi lainnya,sebut saja Kurt Cobain, Vince Neil, Tommy Hilfiger, Bon Jovi, Velvet Revolver dan Eagles Of Death Metal. Dikenal sebagai pribadi yang perfeksionis, axl banyak melahirkan Mahakarya sempurna diantaranya Sweet Child O’Mine, November Rain  hingga Oh My God…..tidak sedikit juga berhasil mempopulerkan kembali lagu lawas band yang lebih tua dari mereka seperti Knockin on Heavens Door milik Rolling Stones. Hingga kini meski telah ditinggalkan personil lainnya, Axl tetap jalan dengan GNR tapi dengan rasa yang baru dengan penggarapan Album yang juga Baru, tapi hingga kini cuma cerita seputar Kontroversi peluncurannya saja yang beredar tanpa kejelasan. Hal ini makin menguatkan Axl sebagai THE KING OF CONTROVERSY.

2. MICHAEL JACKSON – (lahir 29 Agustus 1958 di Gary, Indiana) adalah Vokalis dan penulis Lagu dari Amerik Serikat. Ia terkenal sebagai “THE KING OF POP” dan mempopulerkan gerakan dansa “moonwalk” yang telah menjadi ciri khasnya. Albumnya yang dirilis pada tahun 1982, Thriller, adalah album terlaris di dunia, dengan penjualan melebihi 104 juta kopi di seluruh dunia, begitu banyak estimasi penjualan untuk album yang satu ini dan menurut Guinness Book Of Morld Records album ini terjual 65 juta kopi hingga taon 2007. Hingga hari ini album thriller masih terjual 130 ribu keping tiap taonnya di Amrik sana. Ia mulai karir bernyanyi pada usia lima tahun sebagai anggota kelompok vokal keluarga Jackson (kelak menjadi The Jackson 5) yang menelorkan banyak Hits seperti ABC, dan I’LL BE THERE. Seluruh album-album Jacko ( EPIC Release ) selanjutnya terjual puluhan juta keping untuk setiap albumnya dan bila ditotal-totalin bisa berjumlah 200-an juta keping terjual diseluruh dunia.

3. ELVIS AARON PRESLEY – (8 Januari 1935–16 Agustus 1977) adalah seorang penyanyi rock ‘n’ roll legendaris Amerika Serikat. Ia juga adalah seorang produser musik dan aktor. Julukannya adalah “THE KING OF ROCK N ROLL”. Berkat lagu-lagunya yang memadukan irama rock ‘n’ roll dengan lagu-lagu ballad, dunia rock ‘n’ roll memperoleh fondasi komersial yang selanjutnya dapat dikembangkan musisi rock ‘n’ roll penerusnya. Pada masa kejayaannya, konser-konser Elvis dihadiri massa (kebanyakan remaja) dalam jumlah yang sangat besar. Gaya, sifat, serta cara berpakaiannya menjadi simbol bagi musik rock ‘n’ roll dan banyak ditiru penggemarnya. Hingga saat ini Elvis masih dipercaya oleh penggemar beratnya bahwa Ia belom mati alias masih hidup, hanya saja entah dimana keberadaannya.

4. JAMES BROWN –  lahir pada 3 Mei 1933 di Barnwell, South Carolina (AS). Brown, yang menjuluki dirinya “GODFATHER OF SOUL“, juga dikenal sebagai “Soul Brother Number One” dan “The Hardest Working Man in Show Business. Brown masih terus saja manggung, setidaknya dalam setahun ia mampu menggelar 100 pertunjukan.Sepanjang hidupnya, Brown telah menerima sederet penghargaan. Sebut saja, dua tropi Grammy, sebuah Grammy Lifetime Achievement Award pada 1992, dan sebuah penghargaan bergengsi Kennedy Center Honors pada Desember 2003. Meski sederet Hitsnya tak satupun menyentuh tangga tertinggi di Billboard chart namun lagu-lagunya abadi seperti I GOT YOU ( I FEEL GOOD ) yang dirilis taon 1965, berada di nomor tiga dalam Top Ten. Sejumlah lagunya bisa pula dinikmati sebagai Soundtrack film dan tayangan Tv. Ia telah memusiki film BLACK CAESAR (1973) dan membawakan lagu Living America untuk film Sylvester Stallone, Rocky IV (1985). Lagu Living…mendatangkan sebuah penghargaan Grammy baginya pada 1987.

5. KURT DONALD COBAIN (20 Februari 1967 – ± 5 April 1994) adalah penyanyi, penulis lagu dan gitaris dalam band grunge dari Seattle, Nirvana. Dengan sukses band ini, Cobain menjadi selebriti nasional dan internasional, suatu posisi yang disandangnya dengan berat hati. Dia juga dianggap sebagai ‘SANG PENDOBRAK KEMAPANAN”.

Pada 1991, melejitnya lagu Cobain yang paling terkenal, Smells Like Teen Spirit, menandai bermulanya perubahan besar dalam musik pop dari jenis musik yang populer di tahun 1980-an seperti glam metal, arena rock, dan dance-pop, kepada grunge dan alternative rock.

Selain itu lagu-lagu tulisan Cobain lainnya misalnya About a Girl, Come as You Are, In Bloom, Lithium, Heart-Shaped Box, All Apologies, dan Rape Me.

Cobain menikah dengan Courtney Love pada 24 Februari 1992 di Waikiki Beach, Hawaii. Pada 18 Agustus, Frances Bean Cobain dilahirkan.

Pada 1 Maret 1994, setelah konser di München, Jerman, Cobain didiagnosa dengan bronchitis dan severe laryngitis. Ia diterbangkan ke Roma hari berikutnya untuk menjalani pengobatan, dan istrinya bergabung pada 3 Maret.

Pagi berikutnya, Love bangun dan menemukan Cobain sudah overdose dengan paduan dari champagne dan Rohypnol. Ia dilarikan ke rumah sakit dan setelah lima hari di sana diperbolehkan pulang. Karena masalah drugs ini, Cobain dimasukkan ke panti rehabilitasi pada tanggal 30 Maret. Pada malam 1 April, Cobain keluar untuk merokok dan kemudian kabur dari panti tersebut dengan memanjat pagar. Ia kemudian pergi ke Seattle dan menghilang.

Pada tanggal 3 April, Love menghubungi seorang private investigator, Tom Grant, dan menyewanya untuk menemukan Cobain. Pada tanggal 8 April 1994, jenazah Cobain ditemukan di sebuah ruangan di atas garasi rumahnya di Lake Washington oleh pegawai Veca Electric bernama Gary Smith. Otopsi kemudian memperkirakan Cobain tewas pada 5 April 1994.

6. JAMES DOUGLAS MORRISON (December 8, 1943 – July 3, 1971) adalah seorang penyanyi hebat, penulis puisi, penulis lagu, penulis, dan sutradara film. Dia paling dikenal sebagai penyanyi band THE DOORS, dan seluruh dunia mengengenangnya sebagai sosok yang paling KARISMATIK dan paling berpengaruh dalam sejarah musik dunia. Dia juga dikenal seorang penulis buku-buku/kumpulan puisi dan sutradara film pendek dan Dokumenter. Dengan The Doors, Morrison menelorkan 6 album yang semuanya mendapat sertifikat Platinum oleh RIAA. Single mereka yang sempat nangkring di puncak tangga lagu adalah Light My Fire dan Hello, I Love You. Tidak kurang seorang Scott Weiland, vokalis STP dan Velvet Revolver dan Scott Stapp dari band Creed mengklaim dirinya terpengaruh ato terinspirasi dari Jim Marrison ini.

7. PAUL DAVID HEWSON –  (lahir 10 Mei 1960), nama julukannya BONO VOX, nama panggungnya Bono, adalah Vokalis utama dari kelompok musik rock Irlandia, U2. Sejak pertengahan 80-an Bono telah aktif menggalang dana lewat konser BAND AID dan tampil lagi pada konser LIVE AID dan LIVE 8. Semenjak 1999 ia semakin terlibat dalam melakukan kampanye penghapusan utang Dunia ketiga dan penderitaan AFRIKA. selain mengurusi Band-nya, Bono membentuk sebuah organisasi yang dinamai “DATA” yang merupakan singkatan dari Debt,Aids,Trade in Africa ( Utang , AIDS, Perdagangan di Afrika ). Fokus dari organisasi ini adalah membangkitkan kesadaran tentang apa yang diklaimnya sebagai utang afrika yang tidak dapat terbayar, Aids yang tak terkendali dan aturan-aturan perdagangan yang merugikan rakyat miskin benua itu. Pada Februari 2006, Bono tercatat di antara 191 orang yang dicalonkan untuk mendapatkan Hadiah Nobel untuk Perdamaian.

     Dalam urusan bermusik Bono dan U2 benar-benar berada di puncak pas The Joshua Tree dirilis tahun 1987. Album ini merebut posisi nomor satu di daftar album terlaris Inggris dalam waktu sangat singkat, dan kemudian mulai merambah Amerika dan bertahan hingga sembilan pekan. Karena lagu andalannya benar-benar merajai, U2 sempat jadi laporan utama majalah Time dengan judul TIKET ROCK TERPANAS. Inilah kehormatan yang hanya didapat oleh dua band lain, The Beatles dan The Who.

Sekarang, sudah hampir 30 tahun berkarya, U2 ternyata masih berjaya sebagai salah satu band paling berpengaruh di dunia dan mendapat beragam penghargaan, termasuk 2 buah Grammy Awards.

8. SIR MICHAEL PHILIP “MICK” JAGGER –  (Lahir 26 Juli 1943) adalah musikus rock, aktor, penulis lagu, produser, serta pengusaha berkebangsaan Inggris. Ia terutama dikenal sebagai vokalis utama grup musik The Rolling Stones.  Siapapun pasti mengenal si pemilik BIBIR DOWER, dengan umur yang sudah mencapai 65 taon masih mampu terus menggelar tur dunia dengan band mereka. 26 September 2007, Mick jagger dan The Rolling Stones mencetak penjualan tiket konser 437 juta dollar selama menggelar A BIGGER BANG TOUR, dan berjanji untuk tidak pensiun…” Aku yakin The Rolling Stones akan melakukan hal-hal yang lebih lagi dan terus rekaman dan terus tur. Kami ngga punya rencana menghentikan kenyataan-kenyataan itu”.

9. JOHN WINSTON LENNON –  (9 Oktober 1940 – 8 Desember 1980) paling dikenal sebagai penyanyi, pencipta lagu, instrumentalis, penulis, dan aktivis politik yang terkenal di seluruh dunia sebagai pemimpin dari The Beatles. Lennon dan Paul McCartney membentuk partnership pencipta lagu yang paling sukses dan berhasil hingga saat ini. Lennon dengan sinismenya dan mcCartney dengan optimismenya melengkapi satu sama lain dengan sangat baik. Setelah bubarnya The Beatles pada tahun 1970, ia juga sukses dengan karir solonya. Salah satu hitsnya yang hingga kini masih sangat terkenal adalah Imagine, lagu yang kemudian menjadi salh satu himne perdamaian dunia.

Lennon juga menunjukkan sifatnya yang PEMBERONTAK dan selera humornya yang sinis dalam film-film seperti A Hard Day’s Night (1964), dalam buku yang ditulisnya seperti In His Own Write, konferensi pers dan wawancara. Ia menggunakan kepopulerannya untuk kegiatannya sebagai aktivis perdamaian, seniman dan penulis.

Lennon dua kali menikah, yaitu dengan Cynthia Powell di tahun 1962 dan seniman Jepang, Yoko Ono di tahun 1969. Ia memiliki dua orang anak, Julian Lennon (lahir tahun 1963) dan Sean Taro Ono Lennon (lahir tahun 1975). Ia meninggal di New York pada usia 40 tahun, ditembak oleh Mark Chapman, penggemarnya yang gila.

10. JAMES ALAN HETFIELD – ( Lahir 3 August 1963, Downey, California) adalah sang penulis lagu utama  (bersama drummer Lars Ulrich dan terkadang guitarist Kirk Hammett), salah satu pendiri, vokalis and rhythm guitar dari band thrash/heavy metal Amerika…Metallica. Karena kehebatan dalam menciptakan lagu dan meramu musik cadas yang tetap enak didengar, ngga salah kalo Band-nya mendapat predikat THE KING OF HEAVY/THRASH METAL ngalahin band thtash sebelum dan sesudah mereka. Ngga sedikit band-band baru yang jelas sangat terpengaruh dari musik dan juga gaya panggung Metallica. Tapi semua itu tidak menggoyahkan posisi mereka juga kehebatan James Hetfield dalam menghasilkan karya-karya baru. Sekarang mereka tengah merampungkan album baru mereka DEATH MAGNETIC yang segera rilis bulan September taon ini juga (2008). Karya-karya mereka terus diburu para penggemarnya, ngga heran bila hingga saat ini penjualan album-album lawas mereka masih saja laku bak kacang goreng seperti album Metallica-BLACK juga …and Justice For All. 

   

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: